ARTIKEL
<< Kembali

Menyikapi Perubahan Di Tengah Wabah Covid 19

Semua rencana kerja di awal tahun yang sudah tersusun dengan baik, tiba-tiba tidak bisa terlaksana dan bahkan harus terhenti.  Pandemi Covid 19 melanda, kita terhenyak. Memasuki pertengahan bulan Maret 2020, wabah semakin meluas dan Pemerintah mulai mencanangkan belajar dari rumah bagi siswa-siswa sekolah dan kemudian bekerja dari rumah bagi pekerja-pekerja. Interaksi dengan banyak orang harus berhenti. Semua harus saling menjaga jarak.

Kita semua merasa galau, kebebasan kita terganggu. Rencana shifting kerja,  akhirnya harus berubah menjadi work from home. Pembahasan-pembahasan bagaimana perusahaan harus dijalankan, bagaimana harus mempertahankan cashflow, bagaimana para karyawan yang bekerja dari rumah ini harus dimonitoring. Tiba-tiba semua itu harus diputuskan dengan segera.  

Kita panik dan ketenangan kita terusik. Tetapi tetap harus segera menyesuaikan diri. Hanya dengan begitu, kita dapat tetap berjalan di tengah badai ini.

Tips bagi kita sebagai pekerja dengan adanya work from home :
1. Tetap harus patuh dengan jam kerja yang ditetapkan oleh kantor
2. Tetap bertanggung jawab  untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan sesuai deadline
3. Saatnya belajar berkomunikasi  tidak dengan bertatap muka langsung
4. Tetap berpikir kreatif dan disiplin mengatur waktu dengan baik
5. Tetap berkoordinasi dengan leader maupun dengan sesama rekan kerja

Orang yang berhasil adalah mereka yang bisa beradaptasi dengan perubahan. Mari kita berubah dari hal-hal kecil yang dapat kita lakukan untuk dapat terus bertumbuh dan berhasil.