ARTIKEL
<< Kembali

New Skill Yang Harus Kamu Kuasai Di Era New Normal

Indonesia kini tengah menghadapi fase pemulihan covid-19 atau yang dikenal dengan new normal ,ranah tenaga kerja juga akan kembali bergerak, beberapa perusahaan perlahan kembali membuka rekrutmen. Tapi, sekarang perusahaan akan lebih selektif memilih tenaga kerja. Selain menguasai suatu bidang, calon pekerja juga harus memiliki beberapa keterampilan baru untuk berkontribusi lebih maksimal.

Buat kamu yang siap bertarung mencari pekerjaan di fase new normal, ada beberapa keterampilan nih yang harus kamu asah.

Pertama kamu harus Melek Teknologi , pandemi ini memaksa dunia untuk masuk ke era perubahan. Manusia di dunia dipaksa untuk masuk ke industri 4.0. Kita sudah diarahkan untuk membiasakan diri dalam teknologi baru untuk sistem kerja yang lebih efisien dan mengelaborasi pekerjaan yang tadinya bersifat konvensional atau offline menjadi bersifat online. Sekaligus mampu meningkatkan pengetahuan diri kita terhadap perkembangan
teknologi.

Lalu yang kedua adalah Time Management, walaupun sudah memasuki era new normal dan kantor diperbolehkan untuk melakukan kegiatan work from office kembali tetapi dengan sistem shifting untuk melaksanakan protokol kesehatan. Untuk itu, akan masih banyak beberapa karyawan yang masih harus menjalankan pekerjaan mereka dari rumah. Time management atau manajemen waktu merupakan salah satu skill yang penting bagi setiap pribadi yang efektif. Yaitu kemampuan untuk mengorganisasi, merencanakan, dan mengontrol bagaimana kamu menggunakan waktu dalam keseharian secara efektif untuk
mencapai tujuan kamu. Time management yang baik memungkinkan kamu untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras, sehingga kamu dapat mencapai dan menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat.

Dan yang terakhir adalah Redefinisi, yang diartinya adalah kemampuan merumuskan batasan dengan melihatnya dari sudut lain, bukan dari cara yang lazim. Redefinisi dalam hal
ini dimaknai sebagai perubahan pola pikir dengan melihat kondisi yang terjadi. Mulai dari perilaku, kebiasaan, gaya hidup dan pandangan. Pekerja saat ini harus bisa melihat sebuah masalah dari berbagai sudut pandang untuk mencapai tujuan.