ARTIKEL
<< Kembali

Paruh Waktu, Kerja Lepas Atau Magang ?

Dengan berkembangnya teknologi, peluang untuk mendapatkan perkerjaan semakin terbuka lebar. Pencari kerja bisa memilih tipe pekerjaan yang mereka inginkan. Sebagian besar masih bersaing dan memilih untuk dapat bekerja penuh waktu. Semua pilihan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kerja penuh waktu, pekerja wajib hadir di kantor mengikuti jam operasional kantor. Tidak terlepas kemungkinan jika dibutuh waktu kerja yang lebih lama dari jam operasional. Ada sebagian perusahaan yang sudah mendapatkan kinerja maksimal dari karyawannya, mulai membebaskan karyawannya untuk tidak perlu hadir di kantor tiap hari.  Jadi karyawan dibebaskan untuk bekerja dari luar kantor asal apa yang menjadi target karyawan tersebut tercapai.

Kerja Paruh Waktu, pekerja tidak perlu datang dan bekerja tiap hari. Biasanya masih diwajibkan hadir di kantor dan waktunya sesuai dengan kesepakatan pemberi kerja. Apa yg menjadi target, kapan harus diselesaikan sudah disepakati terlebih dahulu.

Kerja Lepas,  pekerja bebas menentukan di mana dan kapan mengerjakannya. Dari pihak pemberi kerja akan menerima hasil kerja yang sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan di awal ( hasil yang akan dicapai dan berapa biaya yang harus dibayar )

Ketiga tipe pekerjaan di atas lebih menekan kepada pekerja yang sudah mempunyai keterampilan awal atau kompetensi tertentu.

Sedangkan bagi  siswa yang dalam masa sekolah atau yang baru lulus, magang  adalah kesempatan yang baik untuk belajar mengenal lingkungan kerja.  Siswa belajar menerapkan apa yang sudah dipelajari di bangku sekolah untuk digunakan pada dunia kerja.

Dalam hal ini pekerja magang lebih baik fokus untuk belajar dan berlatih sebanyak banyaknya. Jika sikap siswa dan hasil kerjanya dinilai baik, tidak menutup kemungkinan akan diajak bergabung sebagai karyawan nantinya.

Setiap ada kemauan, selalu ada jalan.  Cari dan tentukan apa yang menjadi tujuanmu.